Posted by : Karya kita Senin, 09 April 2012

Hari ini Senin, 09 April 2012 Google kembali menampilkan logo unik. Kali ini memperingati hari lahir Eadweard J Muybridge yang ke 182 tahun. Terlihat orang menunggangi kuda, jika di-klik pada bagian tengah, gambar tersebut akan bergerak.





Terlahir dengan nama Edward James Muggeridge pada tanggal 09 April 1830 dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904. Dia adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Tak hanya sebagai fotografer biasa, Muybridge merupakan pelopor sinematografi atau gambar bergerak.
Berawal dari usaha mengabadikan gerak kuda dengan memanfaatkan multi kamera untuk menangkap gerak, Muybridge juga merupakan seorang pencipta zoopraxiscope, perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum adanya kamera film modern.
Tahun 1872, mantan Gubernur California, Leland Stanford yang juga merupakan pemilik usaha pacuan kuda mempertanyakan ”apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan ketika berlari?” Stanford menyebutnya  unsupported transit  dan secara khusus mengundang Muybridge untuk menjawab teka teki tersebut.
Selama proses, Muybridge menggunakan serangkaian kamera besar dengan pelat kaca yang posisinya sebaris, masing-masing pelat kaca tersebut dipicu oleh hentakan saat kaki kuda melewatinya. Foto kaki kuda tersebut kemudian disalin dalam bentuk siluet ke dalam disk dan diamati dengan menggunakan mesin yang disebut Zoopraxiscope. Percobaan inilah yang menjadi cikal bakal tahap peralihan dari gambar diam menuju gambar bergerak atau yang dikenal dengan istilah sinematografi.




Awal kehidupan dan karir
Muybridge lahir di Kingston upon Thames, Inggris pada tanggal 9 April 1830. Ia beremigrasi ke Amerika Serikat, tiba di San Francisco pada tahun 1855, di mana ia memulai karir sebagai agen penerbit dan penjual buku. Dia meninggalkan San Francisco pada akhir 1860-an, setelah kecelakaan kereta pos di mana ia menerima cedera kepala berat, dan kembali ke Inggris selama beberapa tahun.
Sementara Muybridge memulihkan diri di Inggris, Muybridge sangat serius dengan fotografi, antara 1861 dan 1866 foto yang berhasil dia ambil, di mana ia belajar proses Collodion. Dia muncul kembali di San Francisco pada tahun 1866 dan dengan cepat menjadi sukses dalam fotografi, dengan fokus terutama pada mata pelajaran arsitektur lansekap, dan namanya juga diiklankan sebagai jasa potret. Foto-fotonya yang dijual oleh pengusaha fotografi Montgomery Street (perusahaan dari Bradley & Rulofson), komersial San Fransisco dapa tahun itu.
 Muybridge mulai membangun reputasinya pada tahun 1867 dengan foto Yosemite dan San Francisco (banyak foto Yosemite direproduksi dengan adegan yang sama diambil oleh Carleton Watkins). Muybridge cepat mendapatkan pemberitahuan untuk foto lanskap, yang menunjukkan keagungan dan ekspansif dari Barat, yang diterbitkan di bawah nama samaran Helios.  Pada musim panas tahun 1873 Muybridge ditugaskan untuk memotret Perang Modoc, salah satu ekspedisi Angkatan Darat AS melawan West pantai India.

Kematian
Eadweard Muybridge kembali ke tanah kelahirannya di Inggris untuk selamanya pada tahun 1894, dan menerbitkan buku-buku populer karyanya, dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904 di Kingston upon Thames ketika tinggal di rumah sepupunya Catherine Smith, Park View, 2 Liverpool Road. Rumah itu memiliki Film Institute plakat peringatan Inggris di dinding luar yang diresmikan pada tahun 2004. Muybridge dikremasi dan abunya dimakamkan di Woking di Surrey.

Warisan
Banyak urutan fotografi Muybridge telah diterbitkan sejak tahun 1950 sebagai buku referensi seniman.  Animator kartun sering kali menggunakan foto Muybridge sebagai referensi ketika menggambar karakter. Sejak tahun 1991, Perusahaan mainan Optical telah menerbitkan urutan Muybridge dalam bentuk film Flipbook. Pembuat film Thom Andersen membuat sebuah film dokumenter di tahun 1974 berjudul  Eadweard Muybridge, Zoopraxographer, yang menggambarkan  tentang kehidupan dan pekerjaan.
Opera komposer Philip Glass tahun 1982 The Photographer didasarkan pada percobaan pembunuhan Muybridge, dengan sebuah libretto termasuk teks dari transkrip pengadilan. Sebuah video musik promosi menampilkan kutipan dari opera mendramatisir percobaan pembunuhan, dan termasuk sejumlah besar gambar Muybridge.
Sebuah drama Studies in Motion: The hauntings of Eadweard Muybridge memulai debut pada 2006, co-produksi antara Teater Electric Company Vancouver dan University of British Columbia Theatre. Sementara pencampuran fiksi dengan fakta, itu bercerita tentang obsesi Muybridge dengan katalogisasi gerak hewan. Produksi mulai tur pada tahun 2010.
Pada tahun 2007, penyair Kanada Rob Winger menulis Muybridge's Horse: a poem in three phases, sebuah puisi panjang dinominasikan untuk Penghargaan Gubernur Jenderal untuk Sastra, Trillium Book Award untuk Puisi, dan Ottawa Book Award. Ini didokumentasikan hidupnya dan obsesi dengan gaya 'puitis-fotografi'. dan memenangkan Penghargaan Sastra CBC untuk Puisi.
Pada tahun 1985, video musik untuk single Larry Gowan "(You're A) Strange Animal" jelas menampilkan animasi Rotoscope  dari pekerjaan Muybridge itu. Pada tahun 1986, urutan kuda berderap digunakan dalam latar belakang John Farnham musik video untuk lagu "Pressure Down". Pada tahun 1993, band rock U2 membuat video dari lagu mereka "Lemon" ke dalam penghargaan untuk teknik Muybridge itu. Pada tahun 2004, kelompok musik elektronik The Crystal Method membuat video musik untuk lagu mereka "Born Too Slow" yang didasarkan pada pekerjaan Muybridge, termasuk seorang lelaki berjalan di depan sebuah background grid.
Kingston University di London, Inggris memiliki sebuah bangunan  sebagai pengakuan atas karya Muybridge sebagai salah satu fotografer Inggris yang paling berpengaruh.




Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Eadweard_Muybridge

- Copyright © Karya Kita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -